photo by: dino suryadi

 

JAKARTA – eXtremeINA.com Dede Suryana adalah surfer asal Cimaja Sukabumi kebanggaan Indonesia, lahir dari empat bersaudara dan ayah-nya adalah seorang petani di Cimaja. Lahir pada tanggal 11 Oktober 1985, Dede sudah bermain surfing sejak umur 7 tahun. Yang mengajarkannya bermain surfing adalah teman kakak-nya yang bernama Dicky Zulfikar, dan dia juga lah yang memberikan papan surfing pertama kepada Dede untuk bermain dan belajar surfing. Selain bermain surfing Dicky Zulfikar juga seorang atlet windsurfing Jawa Barat.

Awalnya Dede Suryana tidak mengharapkan lebih dari bermain surfing, apalagi dengan perlengkapan surfing yang tidak memadai dan juga orang tua yang tidak mendukung untuk berkarir di dunia surfing. Namun setelah dia melihat kemajuan seorang surfer asal Bali yang bernama Rizal Tanjung dan Wayan Betet Merta, yang berhasil keliling dunia hanya dengan papan surfingnya, Dede Suryana sangat terispirasi untuk terjun lebih dalam menggeluti dunia surfing ini, dan meraih cita-citanya untuk pergi keluar negri.

Sudah banyak prestasi yang sudah Dede Suryana dapat, dari kategori Nasional maupun Internasional. Tahun 2008 dia berhasil mendapatkan juara pertama di Indonesian Championship Kuta Festifal Surfing sekaligus menempatkan Dede di ranking pertama sebagai Surfer terbaik Indonesia Surfing Champuonship (ISC), dan Dede juga berhasil menyabet gelar lainnya seperti, Asian Beach Game dia berhasil mendapatkan juara pertama, dan Japan ProSurfing Association (JPSA) dia juga berhasil mendapatkan juara pertama.

 

Yang lebih membanggakannya lagi, Dede adalah surfer asal Indonesia pertama yang mengikuti ajang World Qualifying Series Tour (WCT), dan dia berhasil mendapatkan juara ke dua dalam kategori random, dan Dede juga berhasil mendapatkan juara pertama yang berhasil mengalahkan Kelly Slater asal USA yang dimana sebelumnya menjadi juara bertahan dan sudah merasakan 11 kali juara dalam kategori atlet surfer professional di Kejuaraan Haleiwa Surfing Internasional, yang diselenggarakan di Hawaii.

Berbagai prestasi yang telah diraih Dede Suryana tidak lepas dari dukungan sponsor-sponsor yang mendukung, seperti Quiksilver, Camden, Bali Samudra Biru, dan Luke Studer sudah menjadi sponsor utamanya. Baginya surfing sudah menjadi bagian dari hidupnya, selain untuk mencari nafkah, dia juga dapat memperkenalkan dan mempromosikan pantai-pantai yang ada di Indonesia.

“Perkembangan surfing di Indonesia sudah cukup berkembang pesat dengan banyaknya surfer-surfer muda yang bermunculan, dan semakin banyak spot cantik untuk bermain surfing yang sudah di temukan diberbagai pelosok pantai yang ada di Indonesia”, tutur Dede Suryana.

Pria yang mempunyai hobi bersepeda dan memancing ini, bekerja sama dengan Quiksilver membuka usaha toko surfboard dengan berbagai perlengkapan yang bernama Quiksilver Store Cimaja, yang beralamat di Jl. Raya Cisolok Km 8. Komp Bojong Asih. Sukabumi, Jawa Barat.

 

 

Text : Bambang Vidiatmoko

Sumber: http://extremeina.com/blog/dede-suryana-surfer-asal-cimaja-kebanggan-indonesia/ , dimuat 20 Juni 2014